bemunj.org

Info Produk Kecantikan Terbaru

Macam-Macam Tipe Pembersih Wajah Yang Harus Kamu Ketahui
Berita Terbaru Kecantikan

Macam-Macam Tipe Pembersih Wajah Yang Harus Kamu Ketahui

Berita Terbaru Kecantikan Membersihkan wajah adalah bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit dan tergolong proses yang cukup mudah. Sayangnya, tak sedikit orang yang masih melakukan kesalahan saat memilih pembersih wajah.

Semakin lama, jenis pembersih wajah semakin bervariasi. Yang perlu kamu tahu, masing-masing bentuk ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri yang tidak dapat dipertukarkan antara satu dengan yang lainnya. Sebab jika salah memilih, bukan tidak mungkin pembersih yang kamu gunakan justru berpotensi memicu jerawat, penyumbatan pori, meningkatkan kekeringan, dan sensitivitas kulit.

Oleh sebab itu, sebelum memilih pembersih wajah, pastikan kamu sudah mencari tahu tipe-tipe pembersih wajah beserta fungsinya, antara lain :

 

 

Macam-Macam Tipe Pembersih Wajah Yang Harus Kamu Ketahui

 

 

1. Foam cleanser
Foam cleanser merupakan salah satu jenis pembersih wajah yang paling banyak digunakan. Pembersih ini berbentuk krim atau gel dan akan membentuk konsistensi berbusa saat dicampur dengan air. Busa yang dihasilkan ini akan menjangkau dan membersihkan pori-pori, menghilangkan kotoran, juga sisa riasan.

Kekurangannya, bahan utama yang digunakan untuk menimbulkan efek berbusa adalah sodium lauryl sulfate (SLS) yang merupakan bahan pengiritasi kulit yang dapat meningkatkan sensitivitas dan iritasi kulit. Sehingga bisa jadi kurang cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif. Sebaliknya, foam cleanser ini paling cocok digunakan oleh kamu yang punya kulit berminyak atau kombinasi.

2. Micellar water
Micellar water adalah bentuk pembersih wajah yang paling ringan serta memiliki tekstur yang mirip seperti air biasa. Micellar water dibuat dengan misel, yaitu molekul minyak kecil yang dapat menghilangkan kotoran. Micellar water ini biasanya diaplikasikan dengan kapas untuk membersihkan riasan.

Sebenarnya, banyak produk micellar water yang mengklaim tidak perlu dibilas. Hanya saja, sebagian orang memilih untuk membilas micellar water dengan air atau busa untuk menghilangkan sisa kotoran dan micellar water. Kelebihan dari micellar water adalah, selain praktis, produk ini juga cocok untuk semua tipe kulit, seperti kulit kering, berminyak, normal, hingga sensitif.

3. Cleansing wipes
Cleaning wipes merupakan pembersih wajah yang berbentuk tisu. Karena bentuknya yang praktis, cleansing wipes sangat cocok untuk dibawa bepergian. Kendati begitu, sebenarnya cleansing wipes tidak cocok untuk digunakan sehari-hari. Sebab, walaupun dapat membersihkan riasan, cleansing wipes tidak mampu menghilangkan kotoran di wajah seluruhnya.

Selain itu, setelah membersihkan wajah dengan cleansing wipes, kamu perlu membilas wajah untuk membersihkan minyak berlebih dan sisa kotoran. Cleansing wipes ini cocok digunakan untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit normal.

4. Cleansing oil
Cleansing oil merupakan pembersih berbasis minyak yang lembut di kulit dan sangat efektif dalam menghilangkan riasan. Cleansing oil memiliki keunggulan tidak mengeringkan dan menutrisi kulit.

Tapi, cleansing oil sebenarnya cenderung bertindak sebagai pre-cleanser. Jadi, setelah membersihkan wajah dengan cleansing oil, kamu harus membersihkan sisa cleansing oil dengan busa. Jenis pembersih ini paling cocok digunakan untuk kulit kering, normal, dan kombinasi.

5. Cleansing balm
Cleansing balm memiliki khasiat yang mirip dengan cleansing oil tetapi memiliki konsistensi yang padat. Cleansing balm memiliki tekstur yang kental dan lembut, serta langsung meleleh menjadi lebih berminyak ketika diaplikasikan pada kulit.

Cleansing balm bagus untuk menghilangkan riasan, juga mampu menutrisi kulit dengan bahan-bahan yang bergizi. Jenis cleansing balm terdiri dari yang perlu bilas dan tidak perlu bilas. Cleansing balm ini paling cocok digunakan untuk kulit kering dan kulit normal.

Demikianlah beberapa macam produk pembersih wajah beserta fungsinya. Untuk mengetahui produk yang paling cocok untuk kamu, pilihlah produk yang memberikan rasa nyaman pada kulit dan tidak menimbulkan breakout.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *