bemunj.org

Info Produk Kecantikan Terbaru

Tips Membersihkan Panggangan Barbekyu
Seputar Kebersihan Dapur

Tips Membersihkan Panggangan Barbekyu

GreenClean.id – Apa anda suka bakar-bakar barbekyu dibelakang halaman rumahmu? Jika iya, jangan lupa sehabis itu kamu bersihkan alat ini ya ! Sebab, jika rutin menjaga kebersihan alat ini maka panggangan yang bersih akan memasak makanan dengan lebih baik dan bebas dari residu yang mungkin dapat mencemarnya. Namun seberapa sering membersihkan panggangan barbekyu?
Untuk alasan kesehatan dan keselamatan, belum lagi rasa makanannya, pemanggang barbekyu harus diperlakukan seperti Anda memperlakukan kompor dapur Anda. Bersihkan setelah setiap persiapan makan. Bagaimana cara membersihkan ? Berikut ulasannya :

Yang Anda Butuhkan :
1. Peralatan / Peralatan
-Sikat panggangan stainless steel dengan pengikis
-Kain
-Sikat nilon yang kaku

2. Bahan
-Sabun cuci piring serbaguna

 

 

Tips Membersihkan Panggangan Barbekyu

 

 

Langkah-langkah membersihkannya :

1. Cara Membersihkan Grates dan Rak Panggangan Barbekyu
Panggangan dan rak pemanggang — dan permukaan lain yang menyentuh makanan — harus dibersihkan setelah digunakan. Untuk hasil terbaik, tunggu sampai Anda selesai memanggang.

-Sikat Grates dan Rak
Segera setelah setiap sesi memasak, singkirkan kisi-kisi dan rak saat sudah lebih dingin tetapi masih hangat, menggunakan sikat pemanggang baja tahan karat berkualitas tinggi untuk membersihkan partikel makanan.

-Kikis Grates
Gunakan pengerik bawaan kuas (jika ada) untuk makanan yang terbakar, atau gunakan alat pengikis terpisah.

-Lap Grates dan Racks
Seka kisi-kisi dan rak dengan kain lap basah untuk menghilangkan sisa-sisa yang terlepas, dan pastikan tidak ada bulu sikat yang tertinggal di jeruji (Anda benar-benar tidak ingin ada bulu kawat di makanan siapa pun).

Jika Anda memiliki jeruji besi tuang, bersihkan sepenuhnya, lalu oleskan sedikit minyak sayur dengan handuk kertas untuk menjaga agar parut Anda tetap dalam bentuk yang benar. Besi cor telanjang perlu diperiksa secara teratur karena lebih cenderung berkarat.

-Rendam Grates dan Rak jika Dibutuhkan
Dibersihkan setelah digunakan, jeruji dan rak pada pemanggang Anda akan menghindari penumpukan lemak yang banyak. Jika Anda lupa melakukannya selama terlalu banyak siklus, Anda mungkin perlu merendam bagian-bagian tersebut di dalam ember besar yang diisi dengan campuran air panas dan sabun cuci piring, yang akan membantu melonggarkan minyak yang menempel pada roti.

2. Cara Membersihkan Panggangan Arang
Pemanggang yang membakar arang memiliki masalah unik terkait dengan banyaknya abu yang dihasilkan. Berikut jadwal cara membersihkan pemanggang arang.

-Kosongkan Abu Setelah Setiap Penggunaan
Bersihkan abu sisa di panggangan arang setelah digunakan. Tumpukan abu yang tertinggal di atas panggangan bisa mengumpulkan kelembapan, dan abu ditambah uap air bisa sama dengan zat seperti semen yang bisa sangat sulit dihilangkan.

Untuk melakukan pembersihan abu dengan cepat, simpan ember logam (bukan plastik atau apa pun yang mudah terbakar) dengan penutup di samping pemanggang, dan buang abu dan bara api ke dalamnya setelah semuanya sudah dingin. Simpan ember di tempat yang tidak basah.

Pindahkan abu yang terkumpul ke tempat sampah saat ember sudah penuh dan Anda yakin tidak ada bara api yang masih menyala. Pembuangan abu menjadi lebih mudah jika Anda memilih arang bongkahan karena abu yang dihasilkan relatif sedikit jika dibandingkan dengan briket.

3. Bersihkan Semua Bagian Sebanyak Sekali Setiap Tahun
Pada awal dan akhir setiap musim memanggang, atau setidaknya setahun sekali jika Anda memanggang sepanjang tahun, bersihkan panggangan arang Anda secara menyeluruh dengan air sabun panas dan sikat nilon kaku atau bantalan scrub serat.

Untuk pembersihan menyeluruh, lakukan pekerjaan ini secara sistematis, dimulai dari permukaan di bawah tudung, lalu turun ke dinding samping dan bagian bawah ruang memasak. Pastikan untuk membersihkan panci tetes secara menyeluruh.

Akhiri dengan menyeka bagian luar panggangan dari atas ke bawah, menggunakan air hangat. Lap kering untuk mencegah karat.

4. Periksa Semua Bagian
Pembersihan tahunan adalah waktu yang tepat untuk memeriksa semua bagian dan mengganti bagian yang aus atau rusak. Pembakar panggangan pada akhirnya bisa aus, seperti halnya deflektor panas dan bagian lainnya. Toko perangkat keras menjual banyak bagian yang diperlukan untuk menyetel panggangan, dan produsen pemanggang mungkin menawarkannya untuk dijual secara daring.

5. Tutupi Panggangan Jika Disimpan Diluar Ruangan
Ini mungkin tampak jelas, tetapi menutupi panggangan Anda adalah suatu keharusan jika Anda menyimpannya di luar ruangan. Tanpa penutup, semua debu, kotoran, serbuk sari, sarang laba-laba, dan kekacauan serangga yang menutupi dek atau teras Anda selama musim sepi akan menutupi pemanggang Anda secara merata. Selain itu, grills tetap pengering di bawah penutup, yang membantu mengurangi korosi pada bagian logam.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *