bemunj.org

Info Produk Kecantikan Terbaru

Tips Pembersihan Dan Perawatan Pakaian Berbahan Olefin
Seputar Kebersihan Dapur

Tips Pembersihan Dan Perawatan Pakaian Berbahan Olefin

GreenClean.id – Olefin adalah nama merek dagang untuk kain yang dibuat dengan polipropilen sintetis dan serat polietilen. DuPont memproduksi kain Tyvek yang digunakan untuk pakaian luar sekali pakai, gelang, dan perlengkapan pengiriman dari olefin yang terdiri dari 25 persen bahan daur ulang.

Olefin sangat tahan terhadap kerusakan akibat kelembaban dan bahan kimia. Itu sebabnya sering digunakan untuk karpet indoor / outdoor dan interior mobil. Kain tidak luntur karena pewarna ditambahkan ke larutan polimer sebelum kain diproduksi. Olefin rendah statis, tahan abrasi, tahan noda, dan cepat kering. Jahitan dan keliman dapat diikat secara termal untuk membuat kain yang kuat dan tidak membusuk.

Serat dapat ditenun menjadi tekstil berat seperti karpet atau menjadi kain ringan yang lembut dan lentur yang dapat digunakan untuk kaus kaki atau pakaian olahraga. Ini dihargai dalam olahraga dan pakaian aktif karena menyerap kelembapan dari tubuh.

Produk ini pertama kali diproduksi pada tahun 1958 sebagai olefin monofilamen dan kemudian pada tahun 1961 sebagai polipropilena multifilamen untuk digunakan pada kain. Bahan kimia olefin dilebur dan dijalankan melalui pemintal untuk membentuk serat panjang yang mengeras selama proses pendinginan. Aditif ditambahkan selama pembuatan untuk mengubah karakteristik serat tergantung pada bagaimana penggunaannya.

Olefin lebih murah untuk diproduksi dibandingkan kain buatan lainnya. Ini juga lebih ramah lingkungan daripada banyak kain sintetis lainnya karena hanya ada sedikit atau tidak ada produk sampingan limbah. Olefin juga dapat didaur ulang untuk membuat kain baru. Berikut tips membersihkannya :

Yang Anda Butuhkan

– Deterjen
– Penghilang noda
– Pemutih oksigen (opsional)
– Pelembut kain atau lembaran pengering (opsional)

Alat
– Washer atau wastafel besar untuk mencuci tangan
– Pengering otomatis, tali jemuran luar ruangan, atau rak pengering dalam ruangan
– Pakaian steamer (opsional)

 

Tips Pembersihan Dan Perawatan Pakaian Berbahan Olefin

 

 

Periksa Noda dan Pretreat
Kain olefin tahan lama dan keras tetapi dapat menahan noda berminyak. Noda minyak mudah dihilangkan jika segera ditangani. Gunakan pengoles awal atau oleskan detergen heavy duty. Oleskan pembersih noda ke area dengan jari Anda dan biarkan bekerja setidaknya selama 15 menit sebelum mencuci pakaian.

Sangat penting untuk memeriksa noda pada pakaian olefin dan menangani noda tertentu sebelum dicuci karena panas dari pengering pakaian atau setrika akan mengatur noda dan membuat noda hampir tidak bisa dihilangkan.

Rawat Pakaian Olefin Putih Keruh
Meskipun pemutih klorin dapat digunakan, cara teraman untuk mencerahkan dan memutihkan pakaian olefin adalah dengan menggunakan pemutih berbasis oksigen (nama mereknya adalah: OxiClean, All Natural Oxygen Brightener atau OXO Brite dari Nellie). Ikuti petunjuk kemasan tentang berapa banyak produk yang harus ditambahkan per galon air. Rendam pakaian seluruhnya dan biarkan terendam setidaknya selama delapan jam. Periksa warnanya. Jika sudah normal kembali, cuci seperti biasa. Jika item tetap kusam atau ternoda, campurkan larutan segar dan ulangi. Mungkin perlu beberapa kali perendaman untuk menghilangkan noda atau kusam seperti perpindahan pewarna tetapi ini akan membaik.

Pilih Deterjen Yang Cocok
Meskipun Anda dapat menggunakan deterjen apa pun untuk mencuci olefin, menggunakan deterjen tugas berat (Tide atau Persil adalah merek dagang) yang mengandung cukup enzim penghilang noda untuk mengurai dan mengangkat noda serta kotoran tubuh dari serat kain akan memberi Anda hasil terbaik .

Pilih Suhu Air
Olefin bisa dicuci dengan air dingin atau hangat. Seperti kebanyakan serat sintetis, suhu tinggi dalam mesin cuci dapat menyebabkan serat olelin meleleh dan saling menempel, menyusut, atau berubah bentuk. Selalu gunakan air dingin atau hangat saat mencuci dan air dingin dalam siklus bilas. Air yang terlalu panas dapat membuat kerutan permanen selama siklus putaran yang tidak dapat dihilangkan.

Pilih Pengaturan Siklus Mesin Cuci
Olefin harus dicuci menggunakan siklus Permanent Press. Pengaturan ini mencakup periode pendinginan dan siklus putaran kecepatan rendah yang akan membantu mengurangi kerutan. Usahakan untuk tidak membebani mesin cuci karena dapat menyebabkan kerutan yang berlebihan.

Opsi Pengeringan
Kain olefin ringan dan cepat kering. Jemuran luar ruangan atau rak pengering dalam ruangan adalah pilihan terbaik. Panas yang terlalu tinggi dalam pengering dapat merusak kain olefin secara permanen. Jika Anda harus menggunakan pengering otomatis, pilih suhu rendah, pengaturan hanya udara dan lepaskan pakaian saat masih sedikit lembab.

Trik Saat Menyetrika
Jangan menekan kain olefin dengan setrika standar pada pengaturan suhu apapun. Steamer pakaian terkadang dapat menghilangkan kerutan yang menempel, tetapi panas tinggi yang diperlukan juga dapat menyebabkan pelelehan dan membuat lubang atau menyebabkan pakaian menyusut dan tidak dapat dibalik.

Jika Anda menggunakan steamer pakaian, jaga jarak nosel setidaknya enam inci dari permukaan pakaian dan jaga agar tidak terlalu panas di satu titik.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *